Monday, June 22, 2020

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teknik Animasi 2D & 3D, membuat objek sederhana animasi

(RPP) Teknik Animasi 2D & 3D, membuat objek sederhana animasi 2D


Membuat objek sederhana animasi 2D menggunakan google slide, proses pembelajaran siswa yang dilakukan dari rumah saja, pendidik dituntut menyiapkan beberapa alternatif, sebagai contohnya pada kelas XI multimedia, dimana harus belajar membuat objek karakter untuk animasi. Jika pembelajaran dapat dilakukan di laboratorium, tentunya setiap siswa mendapatkan fasilitas yang sama, satu siswa satu perangkat komputer multimedia yang dapat dimanfaatkan untuk membuat objek karakter animasi.



Tentunya akan berbeda jika kondisi dimana pembelajaran dilakukan dari rumah, pasti tiap siswa berbeda-beda fasilitas yang dimiliki, ada yang mempunyai perangkat komputer, laptop, tetapi banyak pula yang belum memiliki perangkat itu. oleh karena itu untuk menyikapi hal tersebut RPP teknik animasi 2D 3D tentang membuat objek sederhana animasi, contoh aplikasi yang digunakan adalah aplikasi yang sekiranya semua siswa dapat mengakses dan menggunakan, salah satunya yaitu dengan google slide, menggunakan hp smartphone android. dikarenakan rata-rata siswa memiliki hp smartphone android yang dapat digunakan untuk membuat objek animasi dengan hp smartphone android.

Mudah-mudahan meskipun saat membuat objek sederhana animasi menggunakan google slide atau aplikasi lainnya yang dapat diakses dan digunakan di hp smartphone android, tetapi siswa dapat, memahami, mengetahui aplikasi android untuk membuat karakterk animasi kemudian mampu menggunakan aplikasi tersebut dengan baik serta dapat menjelaskan cara membuat objek animasi 2D.

Beda lagi jika pembelajaran dapat dilakukan dilaboratorium siswa akan belajar membuat animasi menggunakan beberapa aplikasi diantaranya, adobe flash, adobe animate, toon boom animation, adobe after effect dan lainnya. meskipun siswa belajar dari rumah siswa juga diajak untuk berliterasi digital, baik melalui tutorial membuat animasi 2D yang tentunya juga sudah banyak di blog, kanal youtube.

Berikut dokumentasi RPP teknik animasi 2D 3D tentang kompetensi dasar membuat objek animasi 2D, membuat animasi dengan google slide, membuat animasi dengan powerpoint ataupun lainnya sebagai proses pembelajaran untuk siswa kelas XI multimedia pada semester gasal.

No comments:

Post a Comment