Saturday, June 13, 2020

Belajar Animasi : Kalian harus tau para calon animator SMK, Prinsip-prinsip dasar pembuatan animasi 2D

Prinsip-prinsip dasar animasi

Pembelajaran online dimasa pandemi covid-19 ini menuntut para pendidik, guru dan lainnya, "dipaksa" melakukan sesuai dengan online, dilakukan dirumah saja, untuk mengurangi penyebaran virus ini, tidak mudah memang, tetapi semua demi kebaikan bersama, demi kesehatan kita semua, anggota keluarga dan semuanya. Semoga kita semua dalam keadaan sehat, aamiin.


Kali ini mencoba membuat sebuah video pembelajaran untuk SMK kelas XI kompetensi dasar, tentang teknik animasi 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3). dalam video ini diperuntukan buat siswa dalam belajar memahami prinsip-prinsip dasar pembuata animasi, yang diselingi dengan proses menyimak, kemudian menjawab pertanyaan dikolom komentar. Dalam video pembelajaran tentang prinsip animasi, ini terdapat 12 prinsip animasi yang sekiranya harus diketahui para siswa calon animator siswa SMK, jurusan Multimedia.

Dalam penyampaian pembelajaran dengan video ini dilakukan dengan beberapa cara unggah video ke kanal youtube : Bagi siswa yang memiliki fasilitas yang memadai dari smartphone yang mendukung dapat selalu menyimak lewat kanal youtube channel penglajon. Melalui group WA : Pembelajaran dilakukan melalui group WA yang kemudian video dikirimkan ke group tersebut, dan materi berupa teks dan gambar dikirimkan ke group, dengan alasan jika keterbatasan paket data jika harus lihat langsung dari kanal youtube.

Dalam memahami prinsip dasar animasi ini, siswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan apa saja prinsip-prinsip dasar pembuatan animasi, diantaranya siswa dapat menjelaskan tentang :


Setelah dapat menjelaskan tentang prinsip dasar animasi, kemudian siswa akan melanjutkan pembelajaran pada kompetensi dasar berikutnya tentang cara membuat animasi sederhana menggunakan beberapa aplikasi animasi 2D, tentunya juga mempertimbangkan fasilitas yang ada. Yang penting konten pembelajaran dapat tersampaikan serta sedikit dapat memahami, menjelaskan terkait dengan prinsip animasi, meski dengan keterbatasan yang ada, mengingat pembelajaran juga masih dilakukan secara online dan dirumah saja, dimana fasilitas siswa dirumah berbeda-beda antara siswa satu dengan lainnya.

Jika pada kompetensi ini dianggap sudah cukup, kemudian siswa mempelajari pada kompetensi berikutnya yaitu tentang pembuatan objek animasi sederhana menggunakan aplikasi animasi, siswa dapat mencoba beberapa aplikasi yang ada, yang sederhana dan sekiranya mudah digunakan. jika disekolah menggunakan aplikasi adobe animate, adobe flash, toonboom animation dan lainnya. diharapkan siswa dengan sendirinya akan menemukan aplikasi yang dirasa cocok, dan mungkin juga penggabungan beberapa aplikasi sehingga dapat menghasilkan animasi 2D yang menarik sebagai latihan dalam proses belajar membuat animasi.

No comments:

Post a Comment