Menyiapkan soal untuk ujian berbasis CBT dengan menggunakan Moodle, salah satunya mengunakan notepad untuk menuliskan soal ujiannya, yang kemudian akan diimport ke moodle dengan format aiken.
Berikut contoh penulisan soal format aiken dengan menggunakan notepad, kali ini contoh soal untuk materi Animasi 2 Dimensi (2D).
Bentuk circle, uv sphere, cone terdapat pada adding objek
A. mesh
B. surface
C. metaball
D. lattice
E. curve
ANSWER: A
Untuk melakukan rotasi object key yang dapat kita gunakan adalah
A. r
B. a
C. g
D. s
E. x
ANSWER: A
X, y dan z termasuk ke dalam
A. garis vertex
B. titik koordinat
C. garis normal
D. texture
E. mode 3dimensi
ANSWER: B
Dalam tool add mesh ada beberapa pilihan antara lain
A. ioshere
B. path
C. force
D. bezier
E. ball
ANSWER: A
Untuk mengubah ukuran object key yang bisa kita gunakan adalah
A. a
B. s
C. g
D. x
E. r
ANSWER: B
Fungsi user preference adalah
A. membuka dan menyimpan data file
B. mengedit key frame
C. tempat utama objek 3d
D. mengatur setting aplikasi blender
E. untuk display phyton scripting
ANSWER: D
Grab/move digunakan untuk
A. memutar objek
B. menggeser objek
C. membalik objek
D. mengedit objek
E. merubah bentuk objek
ANSWER: B
Menu yang terdapat pad header di aplikasi blender kecuali
A. file
B. option
C. add
D. help
E. render
ANSWER: B
Untuk melakukan extrude key yang dapat kita gunakan adalah
A. a
B. s
C. r
D. e
E. g
ANSWER: D
Edit mode digunakan untuk
A. melakukan pengeditan pada object dengan memilih titik tertentu
B. melakukan pengeditan pada object secara keseluruhan
C. melakukan pengeditan pada object secara keseluruhan dengan lebih mudah
D. melihat object secara keseluruhan jika sudah selesai
E. melakukan pengeditan pada object yang sudah selesai secara keseluruhan
ANSWER: A
Untuk menggeser objek kesamping kanan, digunakan tombol
A. ctrl+2
B. ctrl+9
C. ctrl+4
D. ctrl+8
E. ctrl+1
ANSWER: C
Tombol di keyboard yang dapat digunakan untuk menggeser obyek yaitu
A. g
B. b
C. a
D. s
E. r
ANSWER: A
Orang yang mempunyai gagasan tentang blender pertama kali adalah
A. ton rosingdaal
B. john roosedaal
C. ton roosendaal
D. james gates
E. tommy tomston
ANSWER: C
Untuk menyeleksi objek dari titik tengah adalah fungsi dari mode mesh
A. grab
B. edge
C. vertex
D. face
E. scale
ANSWER: D
Fungsi tombol ctrl+8 digunakan untuk
A. menggeser view objek ke atas
B. menggeser view objek ke bawah
C. menggeser view objek ke samping kanan
D. menggeser view objek ke samping kiri
E. menggeser view objek ke samping kanan kiri
ANSWER: B
Untuk memilih modus object mode atau edit mode, dapat menekan tombol
A. tombol tab
B. huruf s
C. huruf r
D. tombol alt
E. angka 2
ANSWER: A
Untuk menggeser objek pada sumbu x menggunakan
A. e + x
B. x + e
C. g + x
D. x + g
E. s + x
ANSWER: C
Untuk membuat preview dengan menekan
A. f4
B. f5
C. f8
D. f12
E. f6
ANSWER: D
Dasar transformasi dalam blender meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali
A. grab
B. join
C. rotation
D. move
E. scale
ANSWER: B
Untuk melakukan seleksi secara beruntun maka tombol keyboard yang harus ditekan yaitu
A. enter
B. tab
C. shift
D. alt
E. f3
ANSWER: C
Ketika kita menekan tombal shift+a maka menu yang akan muncul adalah
A. object mode
B. adding object- add
C. grab / move
D. file-open
E. modeling object
ANSWER: B
Kegiatan membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan dapat dilakukan secara horizontal maupun vertical biasanya disebut dengan
A. splitting windows
B. adding object
C. transformation
D. modeling object
E. modeling windows
ANSWER: A
Bagian rendering yang sering di gunakan adalah
A. field rendering dan shader
B. shader danatmosphere
C. field rendering and fog
D. fog dan atmosphere
E. field rendering dan atmosphere
ANSWER: A
Untuk mengedit objek secara keseluruhan menggunakan
A. edit mode
B. edit object
C. mode object
D. object mode
E. mode edit
ANSWER: D
Ctrl+r digunakan untuk
A. menambah garis vertex
B. menambah garis horizontal
C. menambah garis vertical
D. menambahgaris tengah
E. menambah garis mode
ANSWER: A
Secara berurutan ketika kita menekan huruf g, s, dan r berfungsi untuk
A. mengatur ukuran sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek
B. memindahkan sebuah obyek, mengatur ukuran sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek
C. merotasi sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan mengatur ukuran sebuah obyek.
D. memindahkan sebuah obyek, merotasi sebuah obyek dan mengatur ukuran sebuah obyek.
E. mengatur ukuran sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek ke keadaan semula
ANSWER: B
Untuk menduplikasi objek dapat menekan
A. ctrl+d
B. ctrl+del
C. shift+d
D. shift+del
E. ctrl+r
ANSWER: C
Proses menentukan karakteristik sebuah materi object dari segi permukaan disebut
A. texturing
B. dimension
C. layers
D. camera
E. scene
ANSWER: A
Tampilan yang terdiri dari objek 3d dan objek lainnya adalah
A. toolbar
B. viewport
C. layout
D. header
E. footer
ANSWER: B
Setting environtment adalah
A. proses menentukan karakterisik sebuah materi object dari segi permukaan sifat texture
B. upaya mewujudkan objek sebagai bentuk ide yang akan dikomunikasikan.
C. proses menggerakan objek yang telah dibuat sesuai konsep yang direncanakan melalui storyboard
D. pengaturan objek pendukung seperti background dan pencahayaan.
E. suatu proses dalam pengerjaannya yang menghasilkan gambar berupa jpg, png dll
ANSWER: D
Setelah penulisan soal dengan notepad selesai tinggal diimport ke moodle.
Mudah-mudahan bermanfaat dalam bersama sharing bersama bisa. :)
Penulisan soal dengan notepad, aiken |
Berikut contoh penulisan soal format aiken dengan menggunakan notepad, kali ini contoh soal untuk materi Animasi 2 Dimensi (2D).
Bentuk circle, uv sphere, cone terdapat pada adding objek
A. mesh
B. surface
C. metaball
D. lattice
E. curve
ANSWER: A
Untuk melakukan rotasi object key yang dapat kita gunakan adalah
A. r
B. a
C. g
D. s
E. x
ANSWER: A
X, y dan z termasuk ke dalam
A. garis vertex
B. titik koordinat
C. garis normal
D. texture
E. mode 3dimensi
ANSWER: B
Dalam tool add mesh ada beberapa pilihan antara lain
A. ioshere
B. path
C. force
D. bezier
E. ball
ANSWER: A
Untuk mengubah ukuran object key yang bisa kita gunakan adalah
A. a
B. s
C. g
D. x
E. r
ANSWER: B
Fungsi user preference adalah
A. membuka dan menyimpan data file
B. mengedit key frame
C. tempat utama objek 3d
D. mengatur setting aplikasi blender
E. untuk display phyton scripting
ANSWER: D
Grab/move digunakan untuk
A. memutar objek
B. menggeser objek
C. membalik objek
D. mengedit objek
E. merubah bentuk objek
ANSWER: B
Menu yang terdapat pad header di aplikasi blender kecuali
A. file
B. option
C. add
D. help
E. render
ANSWER: B
Untuk melakukan extrude key yang dapat kita gunakan adalah
A. a
B. s
C. r
D. e
E. g
ANSWER: D
Edit mode digunakan untuk
A. melakukan pengeditan pada object dengan memilih titik tertentu
B. melakukan pengeditan pada object secara keseluruhan
C. melakukan pengeditan pada object secara keseluruhan dengan lebih mudah
D. melihat object secara keseluruhan jika sudah selesai
E. melakukan pengeditan pada object yang sudah selesai secara keseluruhan
ANSWER: A
Untuk menggeser objek kesamping kanan, digunakan tombol
A. ctrl+2
B. ctrl+9
C. ctrl+4
D. ctrl+8
E. ctrl+1
ANSWER: C
Tombol di keyboard yang dapat digunakan untuk menggeser obyek yaitu
A. g
B. b
C. a
D. s
E. r
ANSWER: A
Orang yang mempunyai gagasan tentang blender pertama kali adalah
A. ton rosingdaal
B. john roosedaal
C. ton roosendaal
D. james gates
E. tommy tomston
ANSWER: C
Untuk menyeleksi objek dari titik tengah adalah fungsi dari mode mesh
A. grab
B. edge
C. vertex
D. face
E. scale
ANSWER: D
Fungsi tombol ctrl+8 digunakan untuk
A. menggeser view objek ke atas
B. menggeser view objek ke bawah
C. menggeser view objek ke samping kanan
D. menggeser view objek ke samping kiri
E. menggeser view objek ke samping kanan kiri
ANSWER: B
Untuk memilih modus object mode atau edit mode, dapat menekan tombol
A. tombol tab
B. huruf s
C. huruf r
D. tombol alt
E. angka 2
ANSWER: A
Untuk menggeser objek pada sumbu x menggunakan
A. e + x
B. x + e
C. g + x
D. x + g
E. s + x
ANSWER: C
Untuk membuat preview dengan menekan
A. f4
B. f5
C. f8
D. f12
E. f6
ANSWER: D
Dasar transformasi dalam blender meliputi hal-hal di bawah ini, kecuali
A. grab
B. join
C. rotation
D. move
E. scale
ANSWER: B
Untuk melakukan seleksi secara beruntun maka tombol keyboard yang harus ditekan yaitu
A. enter
B. tab
C. shift
D. alt
E. f3
ANSWER: C
Ketika kita menekan tombal shift+a maka menu yang akan muncul adalah
A. object mode
B. adding object- add
C. grab / move
D. file-open
E. modeling object
ANSWER: B
Kegiatan membagi menjadi 2 windows dalam tipe yang sama dan dapat dilakukan secara horizontal maupun vertical biasanya disebut dengan
A. splitting windows
B. adding object
C. transformation
D. modeling object
E. modeling windows
ANSWER: A
Bagian rendering yang sering di gunakan adalah
A. field rendering dan shader
B. shader danatmosphere
C. field rendering and fog
D. fog dan atmosphere
E. field rendering dan atmosphere
ANSWER: A
Untuk mengedit objek secara keseluruhan menggunakan
A. edit mode
B. edit object
C. mode object
D. object mode
E. mode edit
ANSWER: D
Ctrl+r digunakan untuk
A. menambah garis vertex
B. menambah garis horizontal
C. menambah garis vertical
D. menambahgaris tengah
E. menambah garis mode
ANSWER: A
Secara berurutan ketika kita menekan huruf g, s, dan r berfungsi untuk
A. mengatur ukuran sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek
B. memindahkan sebuah obyek, mengatur ukuran sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek
C. merotasi sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan mengatur ukuran sebuah obyek.
D. memindahkan sebuah obyek, merotasi sebuah obyek dan mengatur ukuran sebuah obyek.
E. mengatur ukuran sebuah obyek, memindahkan sebuah obyek dan merotasi sebuah obyek ke keadaan semula
ANSWER: B
Untuk menduplikasi objek dapat menekan
A. ctrl+d
B. ctrl+del
C. shift+d
D. shift+del
E. ctrl+r
ANSWER: C
Proses menentukan karakteristik sebuah materi object dari segi permukaan disebut
A. texturing
B. dimension
C. layers
D. camera
E. scene
ANSWER: A
Tampilan yang terdiri dari objek 3d dan objek lainnya adalah
A. toolbar
B. viewport
C. layout
D. header
E. footer
ANSWER: B
Setting environtment adalah
A. proses menentukan karakterisik sebuah materi object dari segi permukaan sifat texture
B. upaya mewujudkan objek sebagai bentuk ide yang akan dikomunikasikan.
C. proses menggerakan objek yang telah dibuat sesuai konsep yang direncanakan melalui storyboard
D. pengaturan objek pendukung seperti background dan pencahayaan.
E. suatu proses dalam pengerjaannya yang menghasilkan gambar berupa jpg, png dll
ANSWER: D
Setelah penulisan soal dengan notepad selesai tinggal diimport ke moodle.
Mudah-mudahan bermanfaat dalam bersama sharing bersama bisa. :)
Terima kasih pak, sangat membantu bisa cek juga di mustaufasite
ReplyDeletealkhamdulillah, sami sami :), siap meluncur di mustaufasite
DeleteOk Trims
ReplyDeleteLengkapi lagi yang banyak
ReplyDeletesiap,,,
DeleteTerima kasih pak sangat membantu
ReplyDeleteterimakasih, membantu bangett
ReplyDelete