Monday, May 11, 2020

Membuat Motion Graphic - Sekilas Informasi PPDB Online Tahun Pelajaran 2020/2021 SMK N 1 GODEAN

Sekilas Informasi PPDB Online Tahun Pelajaran 2020/2021 SMK N 1 GODEAN

Berliterasi menggunakan aplikasi whiteboard animation, motion graphics animation untuk membuat videografis tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun pelajaran 2020/2021 SMK N 1 Godean. Cukup relatif singkat membuat videografis menggunakan whiteboard animation, motion graphics animation, tentang seputar informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun pelajaran 2020/2021 SMK N 1 Godean. Berikut hasil coret-coretan literasi menggunakan aplikasi berbasi whiteboard animation, motion graphics animation.


Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat videografis, whiteboard animation, motion graphics animation tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun pelajaran 2020/2021 SMK N 1 Godean, diantaranya :

Pertama, Memikirkan dan menyiapkan alur storyboard untuk motion graphics nya, kenapa? dengan adanya alur storyboard entah itu berupa coretan ataupun baru dalam angan :), itu cukup membantu dalam membuat  videografis, whiteboard animation, motion graphics animation tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun pelajaran 2020/2021 SMK N 1 Godean. Yang jadi pertanyaan, apa perlu storyboard/naskah? ya sebenarnya bebas-bebas saja terserah meski dengan catatan itu videosgrafis pesanan atau sekedar latihan. Tapi meski sekedar latihan ya paling tidak buat coret-coretan alur sedikit dikertas atau di word/notepad dan lainnya. Meski kebanyakan alur storyboard baru akan dibuat jika diminta. :)

Kedua, Memikirkan, menyiapkan, mencari bahan tentang konten yang akan dimasukkan ke dalam videografis, whiteboard animation, motion graphics animation. Jika pada literasi kali ini ya konten tentang Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun pelajaran 2020/2021 SMK N 1 Godean.

Jika alur naskah/storyboard, bahan konten sudah siap selanjutnya yang ketiga yaitu memikirkan dan menyiapkan aplikasi apa yang cocok tepat untuk digunakan dalam membuat videografis, whiteboard animation, motion graphics animation mengingat ada beberapa aplikasi yang tidak semua bisa digunakan sesuai dengan alur naskah/storyboard yang sudah disiapkan. Meski terkadang kita tentunya akan comat comot sana sini mencari yang sesuai baik dari segi animasi, layout ataupun lainnya.

Kemudian yang keempat adalah disaat membuat videografis, whiteboard animation, motion graphics animation pastikan bahan konten baik dari gambar, video, jenis animasi yang akan digunakan harus diperhatikan besar kecilnya tingkat resolusinya dan ukuran filenya, dikarenakan ukuran file videografis, whiteboard animation, motion graphics animation yang akan dihasilkan tergantung dari besar kecilnya ukuran, resolusi bahan yang dimasukan ke dalam videografis, whiteboard animation, motion graphics animation.

Kemudian yang kelima, hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jenis format yang akan dihasilkan dalam membuat videografis, whiteboard animation, motion graphics animation. Perhatikan tujuan dibuatnya videografis, whiteboard animation, motion graphics animation keperluan apa, akan ditayangkan dimana atau akan dishare kemana.

5 (lima) hal tersebut yang kemungkinan harus diperhatikan. Selamat mencoba, terus berliterasi digital pastinya dengan sharing bersama pasti BISA. Aamiin.

No comments:

Post a Comment