Thursday, May 21, 2020

Google form - Cara membuat ujian online identitas siswa tinggal pilih tidak manual ketik (Action Go to Section)

Cara membuat ujian online identitas siswa tinggal pilih tidak manual ketik (Action Go to Section) dengan google form


Membuat ujian online menggunakan google form, memanfaatkan action go to section untuk form identitas siswa jadi siswa saat sebelum mengerjakan ujian online biasanya siswa diminta untuk memasukkan nama siswa, kelas, ataupun jurusannya.
mudahnya membuat soal ujian online

Dengan memanfaatkan action go to section kita dapat membuat inputan pilihan layaknya database siswa berdasarkan kelas. Dengan tujuan agar data inputan siswa seragam, terkadang jika siswa harus input ketik sendiri ada yang mengetikkan dengan kapital semua, besar kecil ataupun sebaliknya. Dengan mencoba menggunakan action go to section siswa tinggal memilih menu pilihan kelas, kemudian tinggal memilih namanya, jika siswa salah memilih kelas maka data namanya pastinya juga tidak ada. Jadi hanya nama siswa yang terdata yang dapat mengerjakan soal ujian. Ya tentunya banyak celah siswa iseng mencoba menggunakan data nama siswa lain :).

Untuk kelengkapan lain dengan pemanfaat google form untuk ujian online silakan bisa dicoba dengan Add On yang ada di google form, cukup diinstall dan dicoba-coba, mana yang sekiranya cocok pas buat skenario ujian online menggunakan google form. Misalnya dikasih timer, dikasih batas akhir ujian, dan lain sebagainya. Berikut Cara membuat ujian online identitas siswa tinggal pilih tidak manual ketik (Action Go to Section).



Kenapa dengan google form ? pasti banyak alasan dan tujuan dimasa krisis pandemi covid-19 ini kenapa ujian dilaksanakan secara online dirumah. Semoga segera berlalu pandemi covid-19, kembali normal. aamiin

Selamat mencoba, berliterasi digital semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment