Sunday, August 9, 2020

Cara membuat BLOG GURU yang menarik

 Cara membuat Blog Guru yang menarik

Akhir-akhir ini trafik blog pendidikan lagi meningkat, dengan pembelajaran yang masih harus dilakukan dari rumah, pembelajaran online, pembelajaran daring berakibat trafik blog dengan tema pendidikan, tutorial pendidikan dan sebagainya sangat meningkat. Yang tentunya buat para blogger yang khusus mengulas/mendokumentasinya tentang tutorial, tentang materi pembelajaran senang tentunya melihat trafik yang meningkat tersebut. mudah-mudahan apa yang didokumentasikan ke dalam blog dapat bermanfaat.

cara membuat blog guru yang menarik
Sama halnya dengan para siswa/peserta didik dalam belajar berliterasi digital, sekarangpun guru juga dituntut berliterasi digital, salah satu alternatifnya dapat juga dengan mendokumentasikan pemebelajaran dengan blogger, dengan blog. jadi mendokumentasikan apa yang dikerjakan, mendokumentasikan materi apa yang akan disampaikan kepada siswa dan sebagianya.

Memulai blog dari awal memang berat, susah jika belum terbiasa, tapi mau kapan lagi jika tidak sekarang buat kepentingan para siswa-siswa, peserta didik yang dicintai dalam meningkatkan kompetensi. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara membuat blog yang menarik, mau mendokumentasikan apa ke blog, berikut beberapa langkah dalam membuat blog guru yang menarik, blog guru untuk pembelajaran online :

Cara membuat blog yang menarik bagi blogger pemula

untuk membuat blog guru di blogger bisa dilihat salah satu video cara membuat blog.

langkah awal dalam membuat blog guru, untuk mendokumentasikan materi pembelajaran di blog, di blogger.

Buat konten/artikel yang menarik di blog

Setelah membuat blog guru yang menarik, selanjutnya apa yang akan diposting di blogger itu yang perlu dipikirkan. Pertama ndak perlu memikirkan konten-konten yang rumit yang susah, cukup dokumentasikan apa yang dikerjakan, sebagai contoh sebagai guru tentunya mempunyai perangkat pembelajaran, nah itu saja diposting di blog, diposting di blogger :

misalnya posting diblog tentang dokumentasi dalam membuat hari efektif, bagaimana menyusunnya, cara menghitung hari efektif atau cukup tulis saja tentang hari efektif :

cara menyusun hari efektif
tulis atau share saja file dokumentasi cara menyusun hari efektif di google drive, ya siapa tau bermanfaat dan mungkin siswa juga akan tau hari efektif pembelajaran yang sedang dilakukan.

Posting di blog terkait dengan program semester, program tahunan, silabus, penentuan KKM, RPP, form penilaian, bank soal latihan dan sebagainya.

cara menyusun program semester

jika memungkinkan buat materi berupa softfile atau mungkin video pembelajaran, dengan harapan dapat menjadikan gambaran, bahan belajar secara online, pembelajaran daring dan bisa dijadikan dokumentasi guru dalam pembelajaran.

Posting di blog guru yang manarik misalnya :

cara menyusun  hari efektif, cara menyusun program semester, cara menyusun rpp satu lembar, jurnal guru, kumpulan soal-soal uji kompetensi, bank soal ujian nasional, pembahasan soal dan sebagainya.

mudah-mudahan yang sedikit ini dapat bermanfaat dalam kita bersama belajar digital dengan blogger, mendokumentasikan apa yang dikerjakan tiap harinya, sebagai dokumentasi jurnal harian guru. mau kapan lagi, budaya literasi dengan blog dimulai dari sekarang.

Kurang lebihnya mohon maaf, terimakasih. salam literasi digital.

No comments:

Post a Comment