Sunday, April 26, 2020

Sisi Lain Bersama Orangtua Belajar dari Rumah, Belajar Kecakapan Hidup "Life Skill" Budaya Bersih

Belajar Kecakapan Hidup "Life Skill"

Belajar dari rumah bersama orangtua, ada sisi lain buat anak yang mungkin merasa jenuh dan bosa. Untuk itu sebagai orang tua harus selalu mencoba hal yang menarik dan tidak membosankan selayaknya guru juga akan melakukan hal yang sama pula agar pembelajaran dikelas terasa menarik untuk siswa didiknya.

Membantu orangtua dalam kecakapan hidup, Budaya Kebersihan, Hidup Sehat
Salah satu sisi lain selain sebagai orangtua dalam mendampingi anak pembelajaran yang dilakukan secara daring melalui group Whatsapp dalam guru menginformasikan materi, tugas dan orangtuapun mendampingi anak dalam mengerjakan tugas, berliterasi dan mengirimkan tugas melalui daring dengan Whatsapp.

Mencuci pakaian sendiri, belajar kecakapan hidup anak
Untuk mengurangi rasa jenuh dan bosan sebagai orangtua mencoba untuk terus mengedepankan atau memfokuskan pada kecakapan hidup /life skill dalam kondisi seperti ini, salah satunya tentang kecakapan hidup mengenai wabah atau pandemi corona / covid 19, dengan selalu membudayakan hidup bersih, Budaya kebersihan, Hidup Sehat, Kebersihan sebagian dari iman.



Sambil bermain, memakai masker anak diajak menyapu, bersih-bersih, mencuci baju sendiri, membersihkan kamar dan meja belajar, menyapu halaman, belajar memasak, membersihkan tempat ibadah, dan selalu membiasakan cuci tangan, dalam proses pembelajaran life skill kecakapan hidup dari rumah dengan tetap didampingi dan sambil diajak bermain menyenangkan serta tak lupa sambil tetap mengerjakan belajar, mengerjakan tugas yang telah diinformasikan oleh guru melalui daring.

Membersihkan tempat ibadah dalam menyambut Ramadhan 1441 H
Sambil mengerjakan tugas, berliterasi dari guru pengampu secara daring melalui group whatsapp, juga dengan memfokuskan dan mengoptimalkan pembelajaran life skill kecakapan hidup secara menyenangkan diharapkan anak akan terbentuk jiwa yang mandiri, bertanggung jawab serta selalu menjaga kebersihan, hidup sehat.

No comments:

Post a Comment