Wednesday, November 7, 2018

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teknik Animasi 2 Dimensi - Multimedia

RPP Animasi 2D

Berikut contoh RPP Teknik Animasi 2D untuk pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( TA23 – Teknik Animasi 2D & 3D )


Sekolah                              :    SMK ...............................
Mata Pelajaran                  :     Teknik Animasi 2 Dimensi
Kelas / Semester               :     XI MM / 3
Tahun Pelajaran                :     2018-2019
Pertemuan ke-                    :     1 - 4
Alokasi Waktu                    :     24 x 45 Menit
KKM                                    :     75
Jumlah Siswa                    :     32 Siswa

Teknik Animasi 2D dan 3D

A.    Kompetensi Inti
         KI 1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
         KI 2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
         KI 3.  Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
         KI 4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

B.    Kompetensi Dasar :
Teknik Animasi 2 Dimensi
3.1 Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
4.1 Menyampaikan  prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
  
C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Animasi 2 Dimensi
1.    Menjelaskan prinsip-prinsip pembuatan animasi 2D (vektor)
2.    Menjelaskan pembuatan Animasi 2D sederhana sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D (vektor)
3.    Membuat Animasi 2D sederhana sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D (vektor)

D.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran peserta didik dapat :
1.  Menjelaskan prinsip-prinsip animasi 2D dengan baik.
2.  Menjelaskan pembuatan Animasi 2D sederhana sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D (vektor) dengan baik
3.  Melakukan pembuatan Animasi 2D sederhana sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D (vektor) dengan baik

E.     Materi Ajar
1.  Prinsip-prinsip animasi 2D
2.  Dasar-dasar animasi 2D

F.     Materi Pembelajaran
Membuat sebuah animasi agar menjadi lebih hidup, menarik, prinsip ini meliputi dasar-dasar gerak, pengaturan waktu, peng-kaya-an visual, sekaligus teknis pembuatan sebuah animasi. Jika salah satu dari prinsip ini tidak ada maka animasi yang dibuat akan terkesan berbeda, namun tetap bisa disebut animasi. Contonhya :
Dalam film "Lion King" terdapat berbagai macam prinsip animasi, diantaranya prinsip Squash and Stretch, Anticipation, Follow Through and Overlapping Action, Arcs, Timing, Secondary Action, Exaggeration , Solid drawing.
Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah melompat.
Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping). Contoh : Kelinci yang melompat. Sesaat setelah melompat telinganya masih bergerak-gerak meskipun gerakan utama melompat telah dilakukan.
Exaggeration merupakan upaya mendramatisir Animasi dalam bentuk rekayasa gambar yang bersifat hiperbolis, yang dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat sebagai bentuk ekstrimitas ekspresi tertentu, dan biasanya digunakan untuk keperluan komedik, Banyak dijumpai di film-film animasi sejenis Tom & Jerry, Donald Duck, Doraemon dan sebagainya.


G.    Metode Pembelajaran :
Pendekatan Pembelajaran      : Saintifik
Strategi Pembelajaran             : Discovery Learning
Metode    Pembelajaran           : Ceramah, Tanya jawab, Demonstrasi

H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1 ( 10 x 45” )

a.      Pendahuluan / Kegiatan Awal ( 20” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1.   Doa pembuka
2.   Presensi peserta didik
3.   Menjelaskan Kompetensi dasar, IPK dan tujuan pembelajaran
·  Memberi salam
·  Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
·  Melakukan presensi
·  Memotivasi peserta didik
·  Menyampaikan KD, IPK, Tujuan
·  Apersepsi manfaat mempelajari KD tersebut untuk kehidupan sehari-hari
·  Menjawab salam
·  Berdoa
·  Mendengarkan



b.      Kegiatan inti ( 9 x 45” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
MENGAMATI :
Membaca buku animasi 2D tentang prinsip-prinsip animasi 2D



Memfasilitasi, mendampingi,
Mengamati dan mengobservasi peserta didik, menilai

Membaca dengan seksama, mencatat hal-hal penting atau yang belum paham tentang prinsip-prinsip animasi 2D

MENANYA :
Tanya jawab / diskusi tentang prinsip-prinsip animasi 2D
 dan pembuatan prinsip-prinsip animasi 2D



Mendorong, memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya jawab / diskusi.

Bertanya jawab tentang apa itu prinsip-prinsip animasi 2D dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi seperti pada prinsip-prinsip animasi 2D

MENCOBA :
Mengumpulkan informasi terkait dengan apa itu prinsip-prinsip animasi 2D
dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D


Mendemontrasikan contoh prinsip-prinsip animasi 2D
, membimbing untuk  mendapatkan informasi terkait dengan apa itu animasi 2 dimensi yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D
 dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi berdasar prinsip-prinsip animasi 2D

Menyampaikan tugas terstruktur tentang prinsip-prinsip animasi 2D



Melihat demontrasi contoh animasi 2 dimensi yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D


Mendengarkan

Mencatat hal-hal penting
MENGASOSIASI :
Melakukan aktifitas membuat animasi 2 dimensi berdasarkan prinsip-prinsip animasi 2D


Mengamati , mengobservasi, mendampingi peserta didik

Mempraktekan membuat animasi 2 dimensi prinsip-prinsip animasi 2D berdasarkan prinsip-prinsip animasi 2D dan mendokumentasikan dalam video yang kemudian diunggah di channel youtube masing-masing.


MENGOMUNIKASIKAN :
Melakukan aktifitas mendeskripsikan/ menyimpulkan tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Memberi kesempatan kepada salah satu peserta didik untuk menyampaikan tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Salah satu peserta didik menyampaikan tentang prinsip-prinsip animasi 2D, yang lain mendengarkan.


c.      Penutup ( 25” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
Merefleksi





Umpan balik






Doa penutup


Salam

Memfasilitasi dan membimbing dalam merefleksi tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Memberikan komentar dan motivasi terkait dengan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan


Meminta ketua kelas memimpin berdoa

Mengucap salam

Menyampaikan kesan kepada guru terkait dengan pembelajaran prinsip-prinsip animasi 2D


Mendengarkan dengan seksama





Berdoa


Menjawab salam


Pertemuan ke-2 ( 2 x 45” )

a.      Pendahuluan / Kegiatan Awal ( 10” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1.  Doa pembuka
2.  Presensi peserta didik
·  Memberi salam
·  Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
·  Melakukan presensi
·  Memotivasi siswa
·  Menjawab salam
·  Berdoa
·  Mendengarkan

b.      Kegiatan inti ( 55 menit )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
MENGAMATI :
Membaca buku animasi 2D tentang prinsip-prinsip animasi 2D



Memfasilitasi, mendampingi,
Mengamati dan mengobservasi peserta didik, menilai

Membaca dengan seksama, mencatat hal-hal penting atau yang belum paham tentang prinsip-prinsip animasi 2D

MENANYA :
Tanya jawab / diskusi tentang prinsip-prinsip animasi 2D
 dan pembuatan prinsip-prinsip animasi 2D



Mendorong, memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya jawab / diskusi.

Bertanya jawab tentang apa itu prinsip-prinsip animasi 2D dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi seperti pada prinsip-prinsip animasi 2D

MENCOBA :
Mengumpulkan informasi terkait dengan apa itu prinsip-prinsip animasi 2D
dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D


Mendemontrasikan contoh prinsip-prinsip animasi 2D
, membimbing untuk  mendapatkan informasi terkait dengan apa itu animasi 2 dimensi yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D
 dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi berdasar prinsip-prinsip animasi 2D

Menyampaikan tugas terstruktur tentang prinsip-prinsip animasi 2D



Melihat demontrasi contoh animasi 2 dimensi yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D


Mendengarkan

Mencatat hal-hal penting
MENGASOSIASI :
Melakukan aktifitas membuat animasi 2 dimensi berdasarkan prinsip-prinsip animasi 2D


Mengamati , mengobservasi, mendampingi peserta didik

Mempraktekan membuat animasi 2 dimensi prinsip-prinsip animasi 2D berdasarkan prinsip-prinsip animasi 2D dan mendokumentasikan dalam video yang kemudian diunggah di channel youtube masing-masing.


MENGOMUNIKASIKAN :
Melakukan aktifitas mendeskripsikan/ menyimpulkan tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Memberi kesempatan kepada salah satu peserta didik untuk menyampaikan tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Salah satu peserta didik menyampaikan tentang prinsip-prinsip animasi 2D, yang lain mendengarkan.


c.      Penutup ( 25” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
Merefleksi





Umpan balik






Doa penutup


Salam

Memfasilitasi dan membimbing dalam merefleksi tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Memberikan komentar dan motivasi terkait dengan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan


Meminta ketua kelas memimpin berdoa

Mengucap salam

Menyampaikan kesan kepada guru terkait dengan pembelajaran prinsip-prinsip animasi 2D


Mendengarkan dengan seksama





Berdoa


Menjawab salam

Pertemuan ke-3 ( 10 x 45” )

a.         Pendahuluan / Kegiatan Awal ( 20” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1.  Doa pembuka
2.  Presensi peserta didik
·  Memberi salam
·  Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
·  Melakukan presensi
·  Memotivasi siswa
·  Review hasil pbm sebelumnya
·  Menjawab salam
·  Berdoa
·  Mendengarkan

b.      Kegiatan inti ( 9 x 45” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
MENGAMATI :
Membaca buku animasi 2D tentang prinsip-prinsip animasi 2D



Memfasilitasi, mendampingi,
Mengamati dan mengobservasi peserta didik, menilai

Membaca dengan seksama, mencatat hal-hal penting atau yang belum paham tentang prinsip-prinsip animasi 2D

MENANYA :
Tanya jawab / diskusi tentang prinsip-prinsip animasi 2D
 dan pembuatan prinsip-prinsip animasi 2D



Mendorong, memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya jawab / diskusi.

Bertanya jawab tentang apa itu prinsip-prinsip animasi 2D dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi seperti pada prinsip-prinsip animasi 2D

MENCOBA :
Mengumpulkan informasi terkait dengan apa itu prinsip-prinsip animasi 2D
dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D


Mendemontrasikan contoh prinsip-prinsip animasi 2D
, membimbing untuk  mendapatkan informasi terkait dengan apa itu animasi 2 dimensi yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D
 dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi berdasar prinsip-prinsip animasi 2D

Menyampaikan tugas terstruktur tentang prinsip-prinsip animasi 2D



Melihat demontrasi contoh animasi 2 dimensi yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D


Mendengarkan

Mencatat hal-hal penting
MENGASOSIASI :
Melakukan aktifitas membuat animasi 2 dimensi berdasarkan prinsip-prinsip animasi 2D


Mengamati , mengobservasi, mendampingi peserta didik

Mempraktekan membuat animasi 2 dimensi prinsip-prinsip animasi 2D berdasarkan prinsip-prinsip animasi 2D dan mendokumentasikan dalam video yang kemudian diunggah di channel youtube masing-masing.


MENGOMUNIKASIKAN :
Melakukan aktifitas mendeskripsikan/ menyimpulkan tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Memberi kesempatan kepada salah satu peserta didik untuk menyampaikan tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Salah satu peserta didik menyampaikan tentang prinsip-prinsip animasi 2D, yang lain mendengarkan.


c.      Penutup ( 25” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
Merefleksi





Umpan balik






Doa penutup


Salam

Memfasilitasi dan membimbing dalam merefleksi tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Memberikan komentar dan motivasi terkait dengan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan


Meminta ketua kelas memimpin berdoa

Mengucap salam

Menyampaikan kesan kepada guru terkait dengan pembelajaran prinsip-prinsip animasi 2D


Mendengarkan dengan seksama





Berdoa


Menjawab salam

Pertemuan ke-4 ( 2 x 45” )

a.  Pendahuluan / Kegiatan Awal ( 10” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
1.   Doa pembuka
2.  Presensi peserta didik
·  Memberi salam
·  Meminta ketua kelas untuk memimpin doa
·  Melakukan presensi
·  Memotivasi siswa
·  Menjawab salam
·  Berdoa
·  Mendengarkan

b.      Kegiatan inti ( 55 menit )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
MENGAMATI :
Membaca buku animasi 2D tentang prinsip-prinsip animasi 2D



Memfasilitasi, mendampingi,
Mengamati dan mengobservasi peserta didik, menilai

Membaca dengan seksama, mencatat hal-hal penting atau yang belum paham tentang prinsip-prinsip animasi 2D

MENANYA :
Tanya jawab / diskusi tentang prinsip-prinsip animasi 2D
 dan pembuatan prinsip-prinsip animasi 2D



Mendorong, memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya jawab / diskusi.

Bertanya jawab tentang apa itu prinsip-prinsip animasi 2D dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi seperti pada prinsip-prinsip animasi 2D

MENCOBA :
Mengumpulkan informasi terkait dengan apa itu prinsip-prinsip animasi 2D
dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D


Mendemontrasikan contoh prinsip-prinsip animasi 2D
, membimbing untuk  mendapatkan informasi terkait dengan apa itu animasi 2 dimensi yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D
 dan bagaimana membuat animasi 2 dimensi berdasar prinsip-prinsip animasi 2D

Menyampaikan tugas terstruktur tentang prinsip-prinsip animasi 2D



Melihat demontrasi contoh animasi 2 dimensi yang sesuai dengan prinsip-prinsip animasi 2D


Mendengarkan

Mencatat hal-hal penting
MENGASOSIASI :
Melakukan aktifitas membuat animasi 2 dimensi berdasarkan prinsip-prinsip animasi 2D


Mengamati , mengobservasi, mendampingi peserta didik

Mempraktekan membuat animasi 2 dimensi prinsip-prinsip animasi 2D berdasarkan prinsip-prinsip animasi 2D dan mendokumentasikan dalam video yang kemudian diunggah di channel youtube masing-masing.


MENGOMUNIKASIKAN :
Melakukan aktifitas mendeskripsikan/ menyimpulkan tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Memberi kesempatan kepada salah satu peserta didik untuk menyampaikan tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Salah satu peserta didik menyampaikan tentang prinsip-prinsip animasi 2D, yang lain mendengarkan.


c.      Penutup ( 25” )
Kegiatan
Guru
Peserta Didik
Merefleksi





Umpan balik






Doa penutup


Salam

Memfasilitasi dan membimbing dalam merefleksi tentang prinsip-prinsip animasi 2D

Memberikan komentar dan motivasi terkait dengan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan


Meminta ketua kelas memimpin berdoa

Mengucap salam

Menyampaikan kesan kepada guru terkait dengan pembelajaran prinsip-prinsip animasi 2D


Mendengarkan dengan seksama





Berdoa


Menjawab salam


I.       Bahan / Alat Pembelajaran
KD
Belajar Bahan / Alat Pembelajaran
3.1 Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
Hardware :
·      LCD Projector
·      Komputer / Laptop
·      Headset
·      Webcam

Software :
·      Aplikasi adobe flash cs6
·      Firefox, chrome
·      Ms. Powerpoint
·      Camtasia Studio
·      Mini-cam

4.1 Menyampaikan  prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)


J.     Sumber Belajar
Buku Animasi 2D untuk SMK / MAK XI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013

K.    Penilaian Pembelajaran
1.      Penilaian KD3 dan KD4
KD
Teknik Penilaian
Instrumen
3.1 Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)

Penugasan

Soal tugas terstruktur
Lembar observasi
4.1 Menyampaikan  prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)

Unjuk kerja

Penugasan

Lembar observasi unjuk kerja
Soal tugas terstruktur


2.      Penilaian Sikap
No.
Nama
Uraian Kejadian Istimewa
Rencana Tindakan/Pembinaan






















TUGAS TERSTRUKTUR

3.1 Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
4.1 Menyampaikan  prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)


Tugas 1 Pertemuan 1 :

Diskusikan tentang prinsip-prinsip Animasi 2D, Jika sudah silakan sebutkan dan Gambarkan prinsip-prinsip Animasi 2D tersebut ! tuliskan pada form berikut tentang prinsip Animasi 2D yang Anda ketahui !



Tugas 2 Pertemuan 2 - 3 :

Setelah Anda mengetahui beberapa prinsip-prinsip dasar Animasi 2D, silakan dari pengertian, sepengetahuan Anda buat presentasi yang memuat tentang  prinsip-prinsip dasar Animasi 2D, kemudian kirim di form berikut !



Tugas 3 Pertemuan 4 :

Setelah membuat ringkasan tentang prinsip-prinsip animasi 2D, silakan presentasikan berupa video, kemudian unggah di channel youtube Anda, dan Linknya silakan kirimkan di form berikut, dan silakan share link youtube Anda tadi ke media sosial Anda !



.............................,  1 Juli 2018
Mengetahui,                                                                                                            
Kepala SMK .....                                                  Guru Mata Pelajaran





Terimakasih mudah-mudahan bermanfaat.



4 comments: